[DetikNews] Reaksi Timses Agus, Ahok dan Anies Tanggapi Hasil Survei Manilka

Jakarta – Lembaga survei Manilka Research and Consulting memaparkan hasil survei mereka. Elektabilitas Agus Yudhyono-Sylviana Murni tertinggi dan disusul Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno saling bersaing. Bagaimana tanggapan para timses?

Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mengungguli pasangan lainnya dengan elektabilitas 38,61 persen. Timses Agus-Sylvi, Rachland Nashidik mengatakan, unggulnya pasangan nomor urut 1 itu sebab memiliki kekuatan untuk berinteraksi dengan warga saat bergerilya.

“Kekuatan utama adalah turun ke lapangan pernah jalan 11 km selama 5 jam tanpa henti menyapa warga di kecamatan, yang tinggal di wilayah kumuh. Itu mendapat sambutan yang luar biasa,” kata Rachland dalam acara paparan hasil survei Manilka di Pulau Dua Resto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2017).

Sementara timses Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul menanggapi hasil survei Manilka dengan optimistis. Meski hasil elektabilitas menunjukkan pasangan nomor urut 2 itu berada di posisi buncit yakni 21,70 persen.

“Apapun survei kami percaya. Saya selalu ingatkan Tuhan yang Maha Kuasa dan selalu memberi tanda. Kemarin di hasil survei Populi Center (elektabilitas Ahok) 40 persen,” ujar Ruhut.

Timses Anies-Sandiaga, Suwardi Hagani menanggapi elektabilitas Anies-Sandi yang berada di posisi kedua dalam survei Manilka dengan 25,25 persen. Suwardi pun optimistis pasangan nomor urut 3 itu dapat memenangi Pilgub DKI 2017.

“Elektabilitas kami memang rendah namun naik konstan. Kami yakin akan menang karena kami tidak bayar lembaga survei. Apalagi paslon kami tidak bermasalah terhadap hukum,” ungkap Suwardi.

Survei dilakukan Manilka Research and Consulting dengan wawancara tatap muka mulai 31 Januari hingga 4 Februari 2017. Besaran sampel yang diambil yakni 1.212 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of errorsurvei yakni kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
(nkn/imk)