[WARTAKOTA] Survei Manilka Research and Consulting: Lawan Siapapun di Putaran Kedua, Agus-Sylvi Menang

WARTA KOTA, SENAYAN – Pasangan calon Agus Harimurti Yudoyono-Sylviana Murni, memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dua pesaingnya di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dani Akhyar, peneliti Manilka Research and Consulting mengatakan, dalam survei yang digelar pihaknya pada 31 Januari-4 Februari 2017, elektabilitas Agus-Sylvi mencapai 38,61 persen.

Di posisi nomor dua ada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan elektabilitas 25,25 persen, dan posisi paling buncit adalah pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Saiful Hidayat, dengan elektabilitas mencapai 21,70 persen.

“Sebagaian besar pemilih adalah strong supporter alias tidak akan mengubah pilihannya lagi sampai hari pencoblosan,” ujar Dani dalam pemaparan hasil survei di Nusa Dua, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2017).

Dari survei tersebut, jumlah pendukung terbesar yang tidak akan mengalihkan dukungannya adalah pendukung Ahok-Djarot, yang mencapai 98,92 persen. Disusul pasangan Anies-Sandi sebesar 98,69 persen, dan pasangan Agus-Sylvi dengan 97,72 persen.

“Peta suara bisa saja berubah, mengingat masih ada pemilih yang belum menentukan pilihannya, sebesar 12,13 persen. Dan 4,67 persen gabungan suara dari ketiga paslon masih bisa mengubah pilihannya,” jelas Dani.

Bila tidak ada perubahan signifikan dalam sitausi politik di Jakarta, kata Dani, maka dapat dipastikan Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua putaran. Kemungkinan besar, yang akan melaju ke putaran kedua adalah pasangan Agus-Sylvi.

Jika Agus-Sylvi berhadapan dengan pasangan Ahok-Djarot di putaran kedua, maka elektabilitas pasangan nomor urut satu itu mencapai 48,18 persen, dan Ahok-Djarot mendapatkan 32,67 persen.

Sedangkan bila berhadapan dengan pasangan Anies-Sandi di putaran kedua, maka elektabilitas Agus-Sylvi mencapai 45,87 persen, dan Anies-Sandi hanya mendapat 36,80 persen. (*)